Minggu, 14 Agustus 2011

Cerita Dari Jam

Postingan gw kali ni gw isi dengan cerita motivasi yang sebenarnya gw dapat dari salah satu radio swasta di Batam, dan sebenarnya gw juga masih butuh banyak motivasi buat jalanin hidup gw. Intinya semua makhluk hidup tu butuh motivasi dalam hidupnya. Sebagai contoh simple aja, ketika kita dalam sebuah masalah yang cukup sulit buat dijalanin, saat itu mungkin kita udah merasa putus asa. Dan pada saat itu juga ada timbul perasaan dalam diri kita yang membisikkan bahwa kita harus bisa menghadapi masalah yang lagi kita hadapin ini. Hal ini bisa kita sebut sebagai motivasi diri atau bisa juga dibilang semangat. Karena dalam hal ini gak ada orang yang bikin kita semangat kecuali diri kita sendiri. Bukan berarti kita gak butuh orang lain sebagai motivator kita, kita sebagai makhluk social tetap butuh orang lain untuk berbagai kebutuhan hidup kita sekarang dan nanti. Halah udahan ngomong ala professor nya.

Waktu tu gw lagi iseng dengar radio, dan gw nemuin satu saluran yang lagi mutar lagu (gw lupa lagu apa) dan setelah lagu tu selesai ada pergantian acara yang ditandai munculnya suara seorang cewe dan berbisik..mas tarjo..mas tarjo.hha. kali ni serius, cewe ini bercerita tentang seorang pembuat jam dan jam yang telah dibuatnya.
Begini ceritanya :
Ketika sang pembuat jam telah selesai membuat sebuah jam tangan, dia bertanya dengan jam tersebut (gila kali ngomong sama jam#@$?). Dia nannya, wahai jam sanggupkah kamu bergerak sebanyak 31.536.000 (kira-kira segitulah banyak detik per tahun) kali dalam setahun? Terus si jam menjawab, aku tidak akan sanggup bergerak sebanyak itu. Terus si pembuat jam nanya lagi. Lalu sanggupkah kamu bergerak sebanyak 604800 kali dalam satu minggu? Si Jam menjawab, aku masih tidak sanggup bergerak sebanyak itu. Si pembuat jam bertanya lagi.. bagaimana kalau kamu bergerak sebanyak 86400 kali dalam sehari? Aku juga tidak sanggup bergerak sebanyak itu dalam satu hari. Lalu untuk yang terakhir kalinya si Pembuat Jam bertanya. Ini yang terakhir aku bertanya, apakah kamu sanggup bergerak satu kali dalam setiap detik? Lalu si Jam menjawab. Baiklah, kalau hanya satu kali dalam setiap detik aku akan berusaha melakukannya. Dan mulai hari itu pun Jam tersebut bergerak satu kali setiap detik, 3600 kali dalam sati jam, 86400 kali dalam satu hari, 604800 kali dalam satu minggu, dan 31.536.000 kali dalam satu tahun.

Dari cerita singkat diatas kita bisa ambil pelajaran yang sangat berharga. Dan gw rasa tanpa gw kasih tahupun apa pelajaran yang berharga itu, agan-agan  pasti dah tahu lebih dulu.
Tapi untuk mengisi blog ini dengan tulisan yang bermanfaat, gw tulis aja beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita tersebut.
1.       Yang pertama kita akan lebih sulit melakukan pekerjaan yang sulit dan banyak jika diberikan sekaligus, tapi kita akan merasa mudah apabila diberikan pekerjaan yang berat namun datang satu persatu. Sebenarnya kita bisa aja menyelesaikan tugas yang banyak dan sulit, asal kita malakukan nya dengan terus menerus, tekun, ulet, dan sabar pastinya. Jadi yang pertama ni gw tulis ‘mulailah dari hal yang kecil’.
2.       Yang kedua ‘mulailah detik ini’. Nah agan-agan pasti udah ngerti apa maksudnya. Kita akan mudah melakukan hal-hal yang sulit bila kita ngerjainnya dengan cara dicicil. Intinya lakuin aja pelan-pelan guys.
3.       Nah yang ketiga kita harus bisa ‘menghargai waktu’. Karena kalu kita menggunakan waktu dengan sebaik mungkin, maka waktu itu akan jadi teman terbaik kita. Tapi kalau kita main-main dengan waktu, waktu itu bisa bikin kita pusing sendiri.
Tapi kalau gw boleh bilang ini hampir sama dengan ceramahnya DAI kondang di Indonesia A’a Gym. Gw ingat ketika dia ceramah dia pernah nyampein 3M. M yang pertama ‘Mulailah dari diri sendiri’. M yang kedua ‘Mulailah dari hal yang kecil’. Dan M yang ketiga ‘’Mulailah detik ini’. Kira-kira gitudeh isinya.

Jadi gini, setiap hari kita hampir nemuin motivasi-motivasi yang sebenarnya bisa bikin kita semangat. Dan pada saat motivasi itu kita dengar, kita akan berfikir akan menjalani hidup yang lebih baik lagi kedepan dan merencanakan banyak hal untuk itu. Tapi kebanyakan orang, setelah berfikir kayak gitu, besok nya udah beda lagi apa yang dia kerjakan dengan apa yang dia pikirin dan rencanain sebelumnya. Jadi bisa dibilang masuk telinga kanan keluar lewat telinga belakang (yang mana telinga belakang??). kalo agan-agan merasa dirinya begitu, ingat aja 3M-nya A’a Gym.
Mungkin gw gak bisa kasih kata-kata yang terlalu formal gini, karena sebenarnya gw juga masih belum sempurna dalam hidup gw. Dan gw kayaknya belum pantas kasih motivasi ke orang lain karena sesungguhnya gw-lah yang membutuhkan motivasi tersebut. Jadi mungkin gw nulis ini buat diri gw sendiri.
Adoh malah curcol. Udahan ya kali ini postingan gw.
C U….

0 comments:

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang