Minggu, 01 Juni 2014

VMWare

VMWare merupakan software untuk virtual machine (mesin virtual). Fungsinya adalah untuk menjalankan banyak sistem operasi dalam satu perangkat keras dan untuk menjalankan aplikasi yang ditujukan untuk system operasi lainnya. Fungsi lainnya adalah untuk mempelajari suatu sistem operasi baik ketika pada proses pembelajaran atau ketika proses pengembangan sistem operasi.
VMWare memungkinkan bebarapa sistem operasi dijalankan pada satu mesin PC tunggal secara bersamaan. Hal ini dapat dilakukan tanpa melakukan partisi ulang dan boot ulang. Pada mesin virtual yang disediakan akan dijalankan sistem operasi sesuai dengan yang diinginkan. Dengan cara ini maka pengguna dapat mem-boot suatu sistem operasi (misal Linux) sebagai host operating system (sistem operasi tuan rumah) dan lalu menjalankan sistem operasi lainnya misal MS Windows. Sistem operasi yang dijalankan di dalam operating system rumah dikenal dengan guest operating system (sistem  operasi tamu).
Ada 3 jenis VMWare, yaitu :
VMWare Workstation adalah software untuk virtual machine yang compatible dengan komputer Intel x86. Software ini memungkinkan pemakai untuk membuat satu atau lebih virtual machine dan menjalankannya secara serempak. Masing-masing virtual machine dapat menjalankan guest operating systemnya sendiri seperti Linux, Windows,BSD, dan lain-lain. Tetapi software ini tidak dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare yang lain.
VMWare Server sebenarnya memiliki sistem kerja yang sama dengan VMWare Workstation. Tetapi dibandingkan dengan VMWare Workstation, VMWare Server mempunyai kelebihan yaitu dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare yang lain. VMWare Server juga dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh Microsoft Virtual PC.
VMWare Player adalah software yang digunakan untuk menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare lainnya. Tetapi software ini tidak dapat mebuat virtual machine sendiri.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh bila menggunakan VMWare, antara lain:
Untuk keperluan uji program (trial and error), tidak perlu me-restart PC untuk beralih system operasi (dual boot) atau berpindah computer.
Dapat mengembangkan peranti lunak multiplatform dengan cepat karena adanya lebih dari system operasi yang berjalan bersamaan.
Dapat menambah intensitas penggunaan computer tanpa harus memebeli atau menambah computer.
Bermigrasi dengan mudah dari satu system operasi ke system operasi lain tanpa harus takut kehilanagan data karena salah partisi
Dapat membuat jaringan antar PC dengan mesin virtual walaupun PC tidak terpasang Network card maupun hub atau switch. VMware akan secara otomatis menyediakannya.
VMWare memberikan fleksibilitas penggunaan system operasi secara bersamaan, sehingga bias mempelajari system operasi yang berbeda tanpa harus kehilanagn banyak waktu.

Virtual Machine berjalan pada VMWare seperti komputer yang sesungguhnya (physical computer) sehingga untuk menjalankannnya, harus didukung sistem yang memadai. Dengan penyediaan memori yang besar sangatlah mutlak karena selain untuk keperluan sistem operasi utama, Virtual Machine (sistem operasi guest) membutuhkan pula memori yang besarnya bervariasi, tetapi dapat diatur sedemikian rupa tergantung pada sistem operasi yang diinstall. Kapasitas memori minimal sebesar 128 MB. Namun, VMware merekomendasikan sedikitnya 256 MB.
Dengan demikian, baik mesin utama maupun virtualnya dapat berfungsi dengan baik. Untuk tampilan grafis, VMware membutuhkan kartu grafis dengan resolusi di atas 256 warna.Perangkat lain yang terpasang pada system operasi utama seperti floppy disk drive, CDROM/DVDROM, sound card, dan sebagainya dapat dipilih untuk dimasukkan dalam konfigurasi mesin virtual sesuai dengan keinginan.

Hardware Requirement untuk meng-install VMWare:
Processor dengan clock speed 400 MHz atau lebih.
Memori dengan kapasitas minimal 128 MB, direkomendasikan 256MB.
Display adapter (VGA). Display adapter lebih besar dari 256 color (8 bit).
Disk Drive
a. 20 MB ruang kosong untuk instalasi dasar.
b. Minimal 500 MB ruang kosong pada disk untuk setiap system operasi guest dan software aplikasi yang diinstal di dalamnya.
c. IDE atau SCSI harddisk dan CDROM.
Pheripheral lain yang mendukung 1 unit komputer.


http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2013/05/Proses-Instalasi-VMWare-5.pdf

0 comments:

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang