Minggu, 01 Juni 2014

Perbedaan VMWare Workstation dan VMWare Server

VMWare merupakan aplikasi Virtual PC dimana kita bisa menjalankan sistem operasi lain didalam sistem operasi yang kita jalankan disaat bersamaan. Jika kita sedang menjalankan Linux, disaat yang sama kita bisa menjalankan Linux, Windows, Solaris dll. Selain VMWare, masih banyak aplikasi virtual PC yang beredar, tapi yang baru saya coba baru VMWare untuk Windows, VMWare di Linux saya belum mencobanya, lha Internet saya cukup terbatas tapi gpp yang penting kita mengerti terlebih dahulu apa apa aja produk dari VMWare ini.
VMWare Workstation adalah virtualisasi PC, layaknya kita membuat PC secara virtual namun bisa difungsikan layaknya PC beneran (real pc). VMWare Workstation ini berjalan setelah ada sistem operasi yang terinstal (after OS).
VMWare Server adalah virtualisasi PC Server yang semacam VMWare Workstation tapi lebih banyak fitur atau bertujuan utama untuk virtualisasi fungsional Server atau DataCenter atau Storage System. VMWare Server berjalan setelah komputer di install OS Server / Windows Server karena banyak hal yang harus berjalan dalam linkungan IIS (Internet Information Service alias Web Server-nya Windows). Yang berbeda dengan VMWare Workstation diantaranya berbagai hal yang berhubungan dengan fungsi semacam SAN (Storage Area Network).
Selain kedua produk diatas mungkin yang sering kita dengar adalah VMWare ESX dan GSX, yaitu virtualisasi PC yang berjalan sebelum ada sistem operasi yang terinstal. Bentuknya berupa LiveCD atau Installed to CompactFlash (CF) dimana setelah VMWare ESX/GSX itu running lalu kita bisa melakukan installasi ke Virtual Machine tersebut. Nah kalo disini bukan bukan konsep dual boot lagi, tapi puluhan PC Virtual bisa kita create dan bisa berjalan bersamaan tergantung kapasitas memory, processor dan harddisk yang kita miliki.


http://universe-class.blogspot.com/2012/07/perbedaan-vmware-workstation-dan-vmware.html

0 comments:

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang