Senin, 30 Desember 2013

Superkomputer

Menurut situs Wikipedia, Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.


Kapan superkomputer digunakan?
Superkomputer digunakan untuk pekerjaan yang melibatkan perhitungan dalam skala yang sangat intensif serta mendetail seperti prakiraan cuaca, riset cuaca dan iklim (termasuk riset pemanasan global), pemodelan atom dan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), server penyimpanan data yangsangat sering diakses dari luar, analisis skrip atau tulisan terutama yang menggunakan huruf2 yang bukan huruf alphabet/Latin, dll. Hampir semua superkopmuter akan tetap menyala sepanjang waktu, oleh karena itu perusahaan biasanya akan menyusun sebuah tim atau bagian yang khusus me-maintenance keberadaan superkomputer ini termasuk sekuriti, di luar para pegawai atau peneliti yang menggunakan superkomputer ini bagi kegiatan perusahaan.


Siapa saja yang menggunakan superkomputer?
Superkomputer paling banyak digunakan untuk keperluan riset dan ilmu pengetahuan yang kebanyakan hasil pengolahan datanya akan berhubungan dengan kepentingan hidup masyarakat. Selain itu suerpkomputer juga banyak digunakan untuk keperluan pertahanan negara atau militer. Dalam jumlah yang tidak banyak,superkomputer digunakan untuk keperluan komersial atau mendukung operasi bisnis perusahaan karena memang harganya yang luar biasa mahal selain masalah efisiensi.Umumnya superkomputer digunakan paling banyak oleh lembaga atau perusahaan riset yang bisa jadi di bawah pemerintah, atau juga swasta. Di Amerika dan Eropa, kebanyakan superkopmuter digunakan oleh lembaga2 penelitaian dan ilmu pengetahuan yang disubsidi pemerintah dan berada di jalur koordinasi di bawah pemerintah negara yang bersangkutan. Contohnya Laboratorium Los Alamos di New Mexico, USAyang sangat banyak menggunakan superkomputer untuk berbagai keperluan riset.

Perbedaan utama antara superkomputer dan mainframe
Perbedaan utama antara superkomputer dan mainframe adalah bahwa saluran superkomputer semua kekuatannya/channel dalam menjalankan beberapa program dilakukan secepat mungkin, sedangkan mainframe menggunakan kekuatannya/channelnya untuk menjalankan banyak program secara bersamaan.

Superkomputer diproduksi oleh perusahaan apa saja?
Produsen superkomputer terbesar saat ini adalah IBM, yang jumlah produknya meliputi hampir setengah dari total jumlah superkomputer di seluruh dunia, dibayang-bayangi oleh Hewlett Packard (HP). Prosesor yang paling banyak digunakan adalah merk Intel. Sementara sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Linux, yang memang sudah terkenal tangguh dan tidak mempan virus, selain juga banyak digunakan oleh komputer2 server di seluruh dunia.

Berapa kecepatan pengolahan data superkomputer?
Kecepatan superkomputer diukur dengan satuan FLOPS (Floating Point Operations per Second). Kecepatan superkomputer rata2 adalah pada level TeraFLOPS (TFLOPS) yaitu level 10 pangkat 12 dan PetaFLOPS (PFLOPS) yaitu level 10 pangkat 15 atau sama dengan kecepatan 1000 triliun floating proses/detik.
Petaflop maksudnya jumlah operasi yang bisa dilakukan, tidak sama dengan kb/s atau gb/s.
1 petaflop = 10^15 (1.000.000.000.000.000) flops.
Misalkan Superkomputer Tianhe-2 mempunyai kecepatan 33,68 maka Tianhe-2 ini bisa melakukan 33,68 x 10 pangkat 15 operasi/detik.
Kalau prosesor intel i7 kira-kita 7 GFlop= 7x10^ 9. Jadi Tianhe-2 lebih cepat hampir 5 juta kali dari komputer berprosesor intel i7.

TIANHE-2(National University of Defense Technology, China).
Superkomputer tercepat di dunia yang ia beri nama TIANHE-2(National University of Defense Technology, China) berdasarkan konferensi Superkomputer Internasional di Leipzig, Jerman pada Juli 2013. Tianhe-2 merupakan adik dari jenis TIANHE-1 yang dimiliki china, super komputer ini mengalahkan pabrikan Amerika yang dulu di pegang okeh Amerika, yaitu super komputer Titan (Oak Ridge National Laboratory, AS). Namun sekarang sudah bergeser ke TIANHE-2, yang hampir dikatan adalah 2x kemampuan dari Titan, namun daya yang dibutuhkan oleh Tianhe-2 sangatlah besar.

Tianhe-2, sebuah superkomputer yang dibuat oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional China, mengklaim dapat memproses dengan performa 33,68 petaflops/detik. Jadi Tianhe dapat melakukan 33,68 x 10 pangkat 15 operasi/detik. Petaflop adalah takaran kecepatan proses data komputer yang setara ribuan triliun aktivitas per detik.

Keunggulan Tianhe-2 dari superkomputer yang lain ;
Dari segi Kecepatan
Kecepatannya menjadi superkomputer tercepat dalam era ini dengan kecepatan 33,68 x 10 pangkat 15.
Prosessor
Yang membuat superkomputer tianhe-2 ini menjadi yang berbaik yaitu karena mereka menggunakan prosesor Intel Xeon Phi untuk mempercepat tingkat komputasi mereka, sedangkan superkomputer yang sebelumnya berada pada tingkat pertama menggunakan NVIDIA GPU untuk mempercepat perhitungan .
Kelebihan prosesor Intel Xeon E5
prosesor baru ini juga dilengkapi teknologi Intel Data Protection yang diklaim mempercepat enkripsi data dengan meningkatkan algortima Advanced Encryption Standard (AES).
prosesor canggih ini juga dilengkapi dengan fitur built-in tambahan yang mengusung teknologi Intel Turbo 2.0, Inter Hyper-Threading, Intel Virtualization, dan Intel Advanced Vector Extension (Intel AVX).
adanya Advanced Vector Extension ini, prosesor mampu meningkatkan kinerja aplikasi yang memerlukan perhitungan intensif untuk beberapa pekerjaan seperti analisis keuangan, pembuatan konten media, dan komputasi kinerja tinggi, hingga dua kali lipat.
keluarga prosesor Intel Xeon E5 ini juga dilengkapi dengan fitur inovasi yang dinamakan I/O yang memungkinkan data untuk mengalir lebih cepat dengan peningkatan maupun kebutuhan data yang tinggi pada aplikasi yang sedang berjalan.
Intel juga memperhatikan solusi keamanan yang terpercaya dengan menyediakan Intel Advanced Encryption Standard New Instruction (Intel AESNI) yang membantu sistem untuk mengenkripsi (kode) dan melakukan dekripsi data dengan cepat saat memproses berbagai aplikasi dan transaksi.
Terdapat pula tools tambahan yang menawarkan dukungan untuk pengawasan dan pengendalian penggunaan daya melalui Intel Node Manager dan Intel Data Center Manager. Kedua tools tersebut akan menyediakan informasi secara real-time (ter-update secara online) dan akurat terkait penggunaan daya dan kondisi termal atau suhu perangkat, sehingga dapat dengan mudah dipantau oleh pengguna melalui tampilan manajemen sistem.
Kegunaan Tianhe-2
Digunakan untuk penelitian dan pendidikan :
Digunakan untuk simulasi ledakan nuklir dan merancang pesawat jet
Superkomputer digunakan untuk simulasi proses yang sangat kompleks seperti sistem cuaca atau fungsi otak manusia.

0 comments:

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang