Jumat, 13 September 2013

RISC vs CISC

- Mana yang lebih baik ? -

RISC vs CISC adalah topik cukup populer di Net . Setiap kali Intel ( CISC ) ​​atau Apple ( RISC ) ​​memperkenalkan CPU baru , topik muncul lagi. Tapi apa yang CISC dan RISC tepat , dan merupakan salah satu dari mereka benar-benar baik ?
Artikel ini mencoba untuk menjelaskan secara sederhana apa RISC dan CISC dan apa masa depan mungkin membawa untuk mereka berdua . Artikel ini tidak berarti dimaksudkan sebagai sebuah artikel pro - RISC atau pro- CISC . Anda menarik kesimpulan sendiri ...
CISC
Diucapkan Sisk , dan berdiri untuk Complex Instruction Set Computer . Kebanyakan PC menggunakan CPU berdasarkan arsitektur ini . Misalnya Intel dan AMD CPU didasarkan pada arsitektur CISC .
Biasanya chip CISC memiliki sejumlah besar instruksi yang berbeda dan kompleks . Filosofi di balik itu adalah bahwa hardware selalu lebih cepat daripada perangkat lunak , maka salah satu harus membuat instructionset kuat , yang menyediakan programmer dengan petunjuk perakitan untuk melakukan banyak hal dengan program pendek.
Dalam chip CISC umum adalah relatif lambat ( dibandingkan dengan chip RISC ) ​​per instruksi , tetapi menggunakan sedikit instruksi ( kurang dari RISC ) ​​.
RISC
Diucapkan risiko , dan berdiri untuk Reduced Instruction Set Computer . Chip RISC berkembang sekitar pertengahan 1980 sebagai reaksi pada chip CISC . Filosofi di balik itu adalah bahwa hampir tidak ada yang menggunakan instruksi bahasa perakitan kompleks seperti yang digunakan oleh CISC , dan kebanyakan orang menggunakan compiler yang tidak pernah menggunakan instruksi yang kompleks . Apel misalnya menggunakan chip RISC .
Oleh karena itu lebih sedikit , instruksi sederhana dan lebih cepat akan lebih baik , daripada yang besar , kompleks dan lambat instruksi CISC . Namun , lebih banyak instruksi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas .
Keuntungan lain dari RISC adalah bahwa - secara teori - karena petunjuk lebih sederhana , chip RISC membutuhkan lebih sedikit transistor , yang membuat mereka lebih mudah untuk merancang dan lebih murah untuk diproduksi .
Akhirnya , lebih mudah untuk menulis compiler dioptimalkan kuat , karena instruksi yang lebih sedikit ada.

RISC vs CISC
Masih ada kontroversi di antara para ahli tentang arsitektur mana yang lebih baik . Beberapa orang mengatakan bahwa RISC lebih murah dan lebih cepat dan untuk itu arsitektur masa depan .
Lainnya dicatat bahwa dengan membuat perangkat keras sederhana , RISC menempatkan beban yang lebih besar pada perangkat lunak . Software perlu menjadi lebih kompleks . Pengembang perangkat lunak perlu menulis baris lagi untuk tugas yang sama .
Oleh karena itu mereka berpendapat bahwa RISC tidak arsitektur masa depan, karena chip CISC konvensional menjadi lebih cepat dan lebih murah pula .
RISC sekarang telah ada lebih dari 10 tahun dan belum dapat menendang CISC keluar dari pasar . Jika kita lupa tentang pasar embedded dan terutama melihat pasar untuk PC , workstation dan server kurasa kurangnya 75% dari prosesor didasarkan pada arsitektur CISC . Sebagian besar dari mereka x86 standar ( Intel , AMD , dll ) , tetapi bahkan di wilayah mainframe CISC sangat dominan melalui chip IBM/390 . Sepertinya CISC di sini untuk tinggal ...
Apakah RISC daripada benar-benar tidak baik ? Jawabannya adalah tidak sesederhana itu . RISC dan CISC arsitektur menjadi lebih dan lebih sama. Banyak RISC chip hari ini mendukung seperti banyak instruksi CISC chip kemarin . PowerPC 601 , misalnya, mendukung instruksi lebih dari Pentium . Namun 601 dianggap sebuah chip RISC , sedangkan Pentium jelas CISC . Chip CISC Lebih lanjut saat ini menggunakan banyak teknik yang sebelumnya terkait dengan chip RISC .
Jadi hanya berkata : RISC dan CISC tumbuh satu sama lain .
x86
Salah satu faktor penting juga bahwa standar x86 , seperti yang digunakan oleh misalnya Intel dan AMD , didasarkan pada arsitektur CISC . X86 thé standar untuk rumah berbasis PC . Windows 95 dan 98 tidak akan berjalan pada platform lain . Oleh karena itu perusahaan seperti AMD Intel tidak akan meninggalkan pasar x86 hanya semalam bahkan jika RISC lebih kuat .
Mengubah chip mereka sedemikian rupa bahwa di luar mereka tetap kompatibel dengan standar x86 CISC , tapi menggunakan arsitektur RISC dalam adalah sulit dan memberikan semua jenis overhead yang bisa membatalkan semua keuntungan yang mungkin . Namun Intel dan AMD melakukan hal ini lebih atau kurang dengan CPU mereka saat ini . Kebanyakan mekanisme percepatan tersedia untuk RISC CPU sekarang tersedia untuk x86 CPU juga.
Karena di x86 kompetisi membunuh , harga rendah , bahkan lebih rendah daripada kebanyakan RISC CPU . Meskipun harga RISC yang ditinggalkan juga , misalnya, SUN UltraSPARC masih lebih mahal daripada sama performing PII workstation .
Sama yang dalam hal kinerja integer. Di titik - mengambang daerah RISC masih memegang mahkota . Namun CISC -7 generasi x86 chip seperti K7 akan mengejar ketinggalan dengan itu.
Satu pengecualian untuk ini mungkin Alpha EV - 6 . Mesin-mesin itu secara keseluruhan sekitar dua kali secepat CPU tercepat x86 tersedia. Namun hal ini biaya paket chip Alpha sekitar € 20000, bukan sesuatu yang Anda bersedia membayar untuk PC rumah .
Mungkin menarik lagi adalah bahwa itu bukan kebetulan bahwa K7 AMD dikembangkan dalam kerjasama dengan Alpha dan untuk al sebagian besar didasarkan pada teknologi yang sama Alpha EV - 6 .
EPIC
Ancaman terbesar bagi CISC dan RISC mungkin tidak eachother, tapi sebuah teknologi baru yang disebut EPIC . EPIC singkatan eksplisit Paralel Instruksi Computing . Seperti kata paralel sudah mengatakan EPIC dapat melakukan banyak instruksi eksekusi secara paralel satu sama lain .
EPIC adalah diciptakan oleh Intel dan dengan cara kombinasi keduanya CISC dan RISC . Hal ini akan secara teori memungkinkan pengolahan berbasis Windows serta aplikasi berbasis UNIX oleh CPU yang sama .
Ini tidak akan sampai tahun 2000 sebelum kita bisa melihat chip EPIC . Intel bekerja pada di bawah kode nama Merced . Microsoft sudah mengembangkan standar mereka Win64 untuk itu . Seperti namanya, Merced akan menjadi chip 64-bit .
Jika arsitektur Intel EPIC berhasil, mungkin thread terbesar untuk RISC . Semua CPU besar memproduksi tetapi Sun dan Motorola kini menjual produk-produk berbasis x86 , dan beberapa hanya menunggu Merced untuk keluar ( HP , SGI ) . Karena pasar x86 tidak mungkin bahwa CISC akan segera mati , tapi RISC mungkin .
Jadi masa depan mungkin membawa prosesor EPIC dan prosesor yang lebih CISC , sedangkan prosesor RISC menjadi punah .
kesimpulan
Perbedaan antara RISC dan CISC chip semakin kecil dan lebih kecil . Yang penting adalah seberapa cepat sebuah chip dapat mengeksekusi instruksi yang diberikan dan seberapa baik menjalankan perangkat lunak yang ada . Saat ini, baik RISC dan CISC produsen melakukan segalanya untuk mendapatkan keunggulan pada kompetisi .
Masa depan mungkin tidak membawa kemenangan untuk salah satu dari mereka , tetapi membuat kedua punah . EPIC bisa membuat RISC pertama usang dan kemudian CISC juga.
Ditulis oleh A.A.Gerritsen
untuk Situs CPU

Maret '99

artikel di atas merupakan translate dari artikel yang ditulis oleh A.A.Gerritsen pada Maret 1999. berikut dokumen asli dari artikel tersebut.
Sumber 1

1 comments:

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang