Sabtu, 14 Mei 2011

cerita menjelang UN


Postingan pertama gw stelah ujian nasional yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18 sampai 20 april 2011. Kalo ditanya kenapa gw gak posting apapun semenjak postingan terakhir gw jawabannya adalah (jengjeng) karena gw sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian ini.
Tapi setelah semua selesai gw masih belum sempat posting apapun sampe tanggal ini. Bingung juga mau posting apaan, jadi mungkin gw sedikit cerita aja kali ya tentang ujian yang gw dan semua teman gw jalanin.
Gw mulai dari persiapan, persiapan untuk menghadapi UN ini memang cukup banyak, mulai dari pemantapan disekolah, les diluar sekolah, belajar dari buku-buku UN, persiapan mentalpun juga gak ketinggalan dengan mengadakan do’a bersama disekolah sampai yang dipusatkan untuk seluruh sekolah.

 
Lebih spesifik lagi gw cerita yang terjadi disekolah gw, buat yang belum tau, gw bersekolah di SMKN 1 Batam, SMK yang paling favorite diBatam dan gw juga masuk di jurusan yang bisa dibilang cukup sulit untuk masuk dijurusan ini, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) tapi disekolah anak” biasa bilang TI atau yang lebih keren dikit IT (baca aiti). Kerenkan soalnya bahasa inggris.hhe
Di sekolah gw persiapan untuk menghadapi UN bisa dibilang cukup komplit. Semua yang gw tulis diatas tadi ada di sekolah gw (sombong dikit)
Untuk pemantapan  tahap I, sekolah gw mengadakan pemantapan sepulang sekolah, jadi gw baru boleh pulang sekitar jam 5 sore-an gitulah. Metode pemantapan yang kayak giini sebenarnya bikin otak dan semangat nge-drop. Tapi gw dan teman-teman terus nyoba biar terbiasa dengan apa yang kita jalan in sekarang.
Gak ada yang terlalu heboh saat pemantapan pertama ini. Karena hebohnya biasa diluar.hhe. enak nya pemantapan kayak gini kita bias lebih banyak waktu unutk ngumpul sama teman sekelas, kalo jam sekolah aslinya pulang lebih cepat berarti banyak waktu yang bias digunain buat istirahat. Dan gak enaknya, badan pasti ngerasain cape yang double dan kalo jam sekolah aslinya mepet banget dengan jam pemantapan gw bakalan gak ada waktu buat sekedar narik napas.
Dan pemantapan tahap II berlangsung selama kurang lebih 3 minggu, bedanya dengan pemantapan yang pertama pemantapan tahap II ini lebih intensif. Kenapa, karena pelaksanaanny dibagi berdasarkan kemampuan siswa. Singkatnya, semua siswa dibagi dalam kelas-kelas berdasarkan kemampuannya. Tapi sebenarnya semua siswa udah pada matang, tapi mungkin ada pertimbangan lain dari guru sehingga membuat model pemantapan seperti ini. Dan kebetulan gw ada di kelas yang didalamnya orang-orang yang memiliki kemampuan yang sedikit lebih baik dibanding dengan yang lain
Ya intinya, dipemantapan kedua ini belum tentu kita bisa satu kelas dengan teman sekelas sebelumnya. Tapi ini juga yang membuatpemantapan ini semakin menantang, karena harus berinteraksi dengan orang yang mungkin sebelumnya belum pernah akrab dengan gw. Tapi semuanya lancer-lancar aja, karena rata-rata yang ada dikelas gw udah pada gw kenal. Tapi tetap aja gw harus banyak diam, karena dikelas itu udah banyak orang yang punya jiwa humor berlebih.
Kita skip aja langsung ke hari ujiiannya ya. Karena gw juga gak ingat-ingat banget dengan kejadian-kejadian setelah itu. Paling yang gw ingat pas pergi do’a bersama seluruh kelas tiga dibatam yang akan melaksanakan ujian nasaional seminggu sebelum ujian di mesjid raya batam.
Hari pertama ujian pelajaran yang diujikan adalah bahasa Indonesia. Untuk tingkat kesulitan soalnya sendiri lumayan untuk bias dijawab dengan baik.
Hari kedua pelajaran yang diujikan adalah matematika. Target awal gw bisa dapat nilai sempurna, karena berdasarkan hasil try out gw tergolong yang dapat nilai baik. Tapi pada kenyataannya ketika ujian, ada soal-soal yang sebelumnya gw bisa jawab dengan baik ternyata gw ngalamin kessulitan untuk menjawabnya ketika ujian. Mungkin factor mental dan kesiapan hal-hal kecil lainnya yang bikin gw lupa dengan apa yang seharusnya mudah gw jawab. Factor lainnya gw rasa dari pengawas yang menurut gw terlalu menekan gw dan teman satu ruangan gw. Yah, apa boleh buat, waktu gak bisa diputar jadi papun hasil yang gw terima ntar adalah hasil gw.
Hari ketiga adalah bahasa inggris, gak ada yang special juga dari hari ketiga ini. Mungkin ada satu hal yang cukup berkesan pada hari ketiga ini, yaitu yang jadi pengawas adalah guru gw dulu yang udah pindah kesalah satu SMK di Batam.
Oh iya, gw lupa certain apa yang terjadi pas ujian udah selesai di hari ketiga ini. Sepulang dari ujian, gw dan teman satu jurusan gw main futsal bareng. Kali ini yang bikin main futsal jjadi lebih asik adalah teman-teman yang sebelumnya gak pernah ikut main futsal bareng kita akhirnya mau juga setelah dibujuk mati-matian. Main futsalnya sendiri lumayan asik dan lebih seru jaja menurut gw, karena kita main udah gak ada beban lagi yang harus dipikirin.
Yah mungkin cukup sampai disini aja gw bisa cerita, tangan gw juga udah pegal ngetik dari tadi.
So keep stay tune ya di vegilaten.blogspot.com
Haha. Bay….

0 comments:

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang