Pada tutorial ini, kita akan
dijelaskan tentang cara membuat beberapa konstruktor pada sebuah class,
konstruktor tersebut di-overloading dengan tujuan, kita memahami cara pembuatan
dan penggunaan masing-masing konstruktor dan perbedaan dari konstruktor
tersebut. Konstruktor merupakan suatu method yang hanya dapat digunakan saat
sebuah object di instansiasi/diciptakan. Sementara overloading adalah teknik
untuk membuat beberapa method dengan nama sama, namun memiliki perbedaan pada
aksi yang dilakukannya dan parameter yang terlibat dalam method tersebut.
Berikut adalah langkah-langkah
dalam pembuatan program :
a.
Class tuna
- Membuat class tuna
- Mebuat
3 attribut bertipe integer dan memiliki access modifier private/
- Membuat
konstruktor tanpa parameter, dan menset tiga attribute dengan nilai 0
- Membuat
konstruktor satu parameter (h), dan menset dua attribute lainnya dengan
nilai 0
- Membuat
konstruktor dua parameter (h dan m), dan menset attribute lainnya dengan
nilai 0
- Membuat
konstruktor tiga parameter (h, m dan s)
- Membuat
method setter dengan 3 passing parameter
- Membuat
method setter dengan 1 passing parameter. Kita harus membuat method ini
untuk ketiga attribute yang telah kita buat sebelumnya. Dengan rincian,
untuk attribute h hanya boleh diisi dari angka 0 sampai dengan 24, selain
itu akan diinisialisasi sebagai 0. m dan s hanya boleh diisi dari angka 0
sampai dengan 60, selain itu akan diinisialisasi sebagai 0.
- Membuat
method getter untuk masing-masing attribut
- Membuat
method untuk menampilkan nilai yang telah diinput sebelumnya dengan
mengikutsertakan method getter didalam passing dalam blok programnya.
- Mengakhiri
class tuna dengan menuliskan kurung kurawal tutup
}
b.
Class apples
- Membuat class apples dan membuat method main sebagai method utama dari class apples.
- Menginstansiasi
4 object dari class tuna, dengan format, object pertama tanpa parameter,
object kedua dangan 1 passing parameter, object ketiga dengan 2 passing
parameter dan object keempat dengan 3 passing parameter.
- Membuat
code untuk menampilkan isi dari masing-masing object yang memanggil method
toMilitary pada class tuna.
- Mengakhiri
method main dan class applesdengan berturut-turut menuliskan kurung kurawal
tutup.
Class tuna
Class apples
Adapun output dari program di atas adalah :
0 comments:
Posting Komentar
tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang