Sabtu, 20 April 2013

Java - Building Objects for Constructors


Pada tutorial ini, kita akan dijelaskan tentang cara membuat beberapa konstruktor pada sebuah class, konstruktor tersebut di-overloading dengan tujuan, kita memahami cara pembuatan dan penggunaan masing-masing konstruktor dan perbedaan dari konstruktor tersebut. Konstruktor merupakan suatu method yang hanya dapat digunakan saat sebuah object di instansiasi/diciptakan. Sementara overloading adalah teknik untuk membuat beberapa method dengan nama sama, namun memiliki perbedaan pada aksi yang dilakukannya dan parameter yang terlibat dalam method tersebut.
Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan program :
a.       Class tuna
  1. Membuat class tuna
  1. Mebuat 3 attribut bertipe integer dan memiliki access modifier private/

  1. Membuat konstruktor tanpa parameter, dan menset tiga attribute dengan nilai 0


  1. Membuat konstruktor satu parameter (h), dan menset dua attribute lainnya dengan nilai 0


  1. Membuat konstruktor dua parameter (h dan m), dan menset attribute lainnya dengan nilai 0


  1. Membuat konstruktor tiga parameter (h, m dan s)


  1. Membuat method setter dengan 3 passing parameter


  1. Membuat method setter dengan 1 passing parameter. Kita harus membuat method ini untuk ketiga attribute yang telah kita buat sebelumnya. Dengan rincian, untuk attribute h hanya boleh diisi dari angka 0 sampai dengan 24, selain itu akan diinisialisasi sebagai 0. m dan s hanya boleh diisi dari angka 0 sampai dengan 60, selain itu akan diinisialisasi sebagai 0.


  1. Membuat method getter untuk masing-masing attribut


  1. Membuat method untuk menampilkan nilai yang telah diinput sebelumnya dengan mengikutsertakan method getter didalam passing dalam blok programnya.


  1. Mengakhiri class tuna dengan menuliskan kurung kurawal tutup
          }

b.      Class apples
  1. Membuat class apples dan membuat method main sebagai method utama dari class apples.
  1. Menginstansiasi 4 object dari class tuna, dengan format, object pertama tanpa parameter, object kedua dangan 1 passing parameter, object ketiga dengan 2 passing parameter dan object keempat dengan 3 passing parameter.


  1. Membuat code untuk menampilkan isi dari masing-masing object yang memanggil method toMilitary pada class tuna.


  1. Mengakhiri method main dan class applesdengan berturut-turut menuliskan kurung kurawal tutup.

Class tuna



Class apples



Adapun output dari program di atas adalah :



0 comments:

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang