Jumat, 01 Juni 2012

Membuat Halaman dengan Format Berbeda dalam Satu Dokumen



Postingan kali ini berkaitan dengan tugas utnuk membuat laporan atau makalah. Dalam suatu laporan atau makalah tadi, kita diharuskan membuat halaman yang berbeda dalam satu document. Ini mungkin menjadi masalah ketika kita tidak terbiasa menggunakan software pengolah kata seperti MS.word. masalahnya tidak berhenti pada penulisan halaman berbeda dalam satu document, tetapi kita juga harus membedakan posisi penulisan nomor halaman pada awal bab dengan penulisan nomor halaman pada halaman-halaman lanjutan berikutnya.
Baiklah, karena ini permintaan dari teman saya yang sedang membantu temannya untuk menyelesaikan tugas dan saat ini sudah larut malam (jam laptop menunjukkan pukul 01.50 AM) langsung saja kita buka MS.Word
Saya langsung saja pada cara memasukkan halaman pertama yakni halaman dengan huruf Romawi dengan cara pilih Tab Insert – pada kolom Header & Footer pilih Page Number – Bottom of Page – Plain Number 2. Saya memilih Plain Number 2 karena biasanya pada laporan dan makalah, nomor halaman pada awal bab ditulis pada bagian tengan paling bawah kertas.

Kemudian kita setting format angka yang akan digunakan dengan memilih Format Page Numbers

Akan keluar jendela seperti berikut

Atur format nomor seperti gambar
Kemudian pada tab design, terdapat kolom option, kemudian centang pilihan Different First Page

Untuk memasukkan halaman selanjutnya saya menggunakan pilihan Insert – Page Break (karena saya tidak sedang menulis laporan)

namun jika anda memiliki laporan yang harus diketik, pada saat anda mengetik diawal halaman kedua, anda harus men-setting penulisan nomor halaman dengan cara pilih Tab Insert – pada kolom Header & Footer pilih Page Number – Top of Page – Plain Number 3.

Kemudian secara otomatis hasil penulisan halaman akan terbentuk seperti

Jika anda telah memasuki bab selanjutnya yang mengharuskan anda untuk merubah jenis angka yang digunakan, maka langkah pertama adalah pada Tab Page Layout – Breaks – Page.

Kemudian pada Tab Page Layout – Breaks – Next Page. Ini untuk merubah halaman yang dimasukkan tadi menjadi awal dari Odd page sesi ke 2.

Untuk mengganti format nomor halaman dengan memilih Format Page Numbers

Dengan setting-an seperti ini

Saya memasukkan Page Break lagi untuk melanjutkan kehalaman berikutnya.

Atau jika anda tetap ingin mengetik laporan atau makalah anda silahkan, hingga anda sampai pada halaman kedua pada bab baru, maka nomor halaman akan tersusun secara otomatis dengan menggunakan setting-an yang telah anda buat tadi.
Ini untuk gambar hasil penomoran halaman yang saya buat.


Baiklah karena jam sudah menunjukkan pukul 02.15 AM dan postingan saya sudah selesai. Mudah-mudahan postingan kali ini bisa membantu. Terimakasih.

2 comments:

baca pelan-pelan
ikuti dengan sabar :)

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang