Kamis, 15 Maret 2012

Eliminasi gauss Jordan


Cari nilai sebenarnya dari masing-masing variable A,B dan C!
A+B+C=6
A+2B-C=2
2A+B+2C=10

Gmn hayo cara menyelesaikan soal di atas?
Soal d atas ada hubungannya dengan postingan gw kali ini, yaitu cara kita mendapatkan nilai dari A,B dan C. cara yang gw gunakan yaitu eliminasi Gauss Jordan.

Eliminasi gauss Jordan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nilai sebenarnya dari sejumlah deret variable. Cara lain yang biasa digunakan dalam metode mendapatkan nilai sebenarnya ini adalah cara subtitusi, determinan, dan masih banyak lagi.
Kenapa gw posting tentang eliminasi gauss ini?
Sebenarnya eliminasi gauss ini termasuk dalam salah satu materi dari mata kuliah gw, jadi biar tetap ingat dan ada cadangan bacaan kalo gw lupa tentang si “gauss” ini, gw tinggal buka blog gw aja, itungnambah jumlah visitor.kwkwk
Daripada bertele-tele gw jelasin tentang si “gauss” ini, mending langsung aja ke TKP biar lebih jelas apa sebenarnya wujud asli dari gauss ini.
Nah dari soal diatas kita bisa mengetahui apa sebenarnya gauss ini. Sebelumnya kita selesaikan aja dulu soalnya. Gini ni cara nya
Baris1 |1+1+1        = 6      |
Baris2 |1+2-1         = 2      |              baris5 = baris2 – baris1  
Baris3 |2+1+2        = 10    |              baris6 = baris3 – 2*(baris1)
-------------------------------------------------------------------------------
Baris1 |1+1+1        = 6      |
Baris5 |0+1-2         = -4    |                             
Baris6 |0-1+0         = -2    |              baris7 = baris6 + baris5
-------------------------------------------------------------------------------
Baris1 |1+1+1        = 6      |
Baris5 |0+1-2         = -4    |                             
Baris6 |0+0-2         = -6    |             
-------------------------------------------------------------------------------
-2C=-6
C=-6/-2
C=3

B-2C=-4
B-6=-4
B=6-4
B=2

A+B+C=6
A+2+3=6
A=6-5
A=1
-------------------------------------------------------------------------------
Intinya sih eliminasi gauss ini mengeliminasi dengan cara mengeksekusi baris tertantu dengan baris yang lain dengan cara menggunakan operasi bilangan seperti tambah, kurang dan kali. Kenapa bagi gak gw bikin, mubazir boy kalo gw bikin bagi soalnya kalo gw bikin operasi pembagian bakal lebih panjang perjalanan dalam mendapatkan hasilnya.
Nah kalo gw bilang kita eksekusi baris satu dengan baris yang lainnya agan g ngerti gw tunjukin apa maksud gw. Ni dia

Baris5, Baris6, Baris7 diatas adalah proses untuk mengeksekusi variable-variabel atau anggota-anggota dari baris-baris pada soal. Loh kok harus di eksekusi???knapa Cuma baris2 dan 3 yang harus di rubah???
Kalo agan nanya kenapa harus di eksekusi jawaban gw Cuma 1 :KALO GAK DI EKSEKUSI GIMANA MAU KETEMU HASILNYA????hhe.kasar nya gitu lah gan. Kita mengeksekusi baris-baris itu kan tujuan nya untuk mengeliminasi variable agar nilai dari A, B dan C nya bisa kita temukan.
Kenapa Cuma baris 2 dan 3 yang d eksekusi? Itu karna eliminasi gauss Jordan ini menggunakan struktur seperti ini.

Jadi kita harus merubah bilai di baris 2 dan 3 agar membentuk formasi seperti gambar di atas. Cuma itu formasi yang bisa digunakan?? Jawabannya TIDAK, karena dalam eliminasi gauss Jordan ini kita bisa menggunakan beberapa formasi asalkan tetap rasional, maksudnya kita membuat formasi tersebutkan agar mudah mendapatkan nilai sebenarnya dari variable A, B dan C jadi kita harus buat formasi yang memungkinkan kita untuk dapat menemukan nilai-nilai tersebut. Gw kasih contoh formasi lain yang bisa digunakan, tapi gw Cuma ngasih gambar nya aja, cara membuat variable tersebut jadi 0 itu urusan agan”.hhe(skalian latihan gan)




Okeh.cukup segitu aja dulu postingan gw tentang eliminasi gaus Jordan ini. Berikut nya gw akan posting bagaimana cara membuat suatu aplikasi dari bahasa C++ untuk menyelesaikan soal seperti di atas dengan menggunakan logika gauss Jordan. Jadi keep stay tune aja gan

0 comments:

Posting Komentar

tinggalkan pesan dan saran agar blog sederhana ini dapat berkembang